Seperti kulit wajah, manusia pun memiliki tipe atau jenis rambut yang berbeda-beda. Mulai dari rambut yang kering, berminyak, atau normal. Bagi Anda yang memiliki rambut kering, beberapa masalah yang biasanya Anda hadapi adalah rambut kusam, rambut rontok, dan rambut berketombe.
Hal ini dikarenakan rambut dan kulit kepala yang kering, sehingga rambut mudah rapuh dan kulit kepala lebih mudah terkelupas, dan hasilnya adalah ketombe. Rambut yang kering pun akan kehilangan kilau alaminya sehingga terlihat kusam. Eits, jangan bingung dulu. Coba ikuti kiat merawat rambut kering dan rontok berikut ini untuk mengatasi permasalahan Anda.

Mengatasi Rambut Kering dan Rontok dengan Minyak Zaitun

Selain mulai menerapkan kebiasaan baik dan menghindari kebiasaan buruk seputar rambut, Anda pun dapat menggunakan berbagai bahan alami untuk memberikan nutrisi tambahan dan pelembab bagi kulit kepala dan rambut kering Anda. Salah satu bahan alami yang dapat Anda gunakan adalah minyak zaitun. Minyak esensial ini dipenuhi dengan kandungan kaya manfaat, baik untuk kulit atau pun untuk rambut serta kulit kepala. Minyak zaitun juga dapat berperan sebagai pelembab tambahan yang dapat merangsang produksi minyak alami untuk melembabkan kulit kepala dan rambut Anda. Cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut pun terbilang mudah. Cukup oleskan minyak zaitun hangat pada kulit kepala, kemudian pijat-pijat lembut selama 15 menit sebelum dibilas dengan air biasa.
cara memperbaiki mengatasi merawat rambut rontok dan kering dengan bahan alami
memperbaiki rambut kering dan rontok dengan bahan alami

Merawat Rambut Rontok dan Kering dengan Lemon

Nah, bahan alami yang satu ini selain dapat mengatasi rambut kering, rontok dan berketombe juga dapat membersihkan kulit kepala Anda secara maksimal. Kandungan lemon yang dapat membersihkan sangat ampuh untuk mengusir ketombe pada seluruh permukaan kulit kepala Anda, sekaligus memberikan sentuhan yang segar pada kulit kepala Anda. Lemon pun akan melindungi rambut dan kulit kepala Anda dari bakteri atau kotoran, serta minyak berlebih. Caranya, campurkan 2 sdt air perasan lemon, 1 sdt madu, 2 sdt minyak biji almond atau minyak kastroli, lalu aduk hingga merata. Setelah teraduk rata, oleskan campuran tersebut pada rambut Anda, mulai dari akar rambut hingga ujung rambut secara merata. Tutup rambut Anda dengan handuk selama 1,5 jam, kemudian bilas dengan keramas seperti biasa.

Memperbaiki Rambut Rontok dan Kering dengan Buah Alpukat

Buah lonjong bewarna hijau yang satu ini memiliki kandungan lemak baik yang bermanfaat untuk tubuh sekaligus untuk kulit wajah, termasuk kulit kepala. Maka dari itu, alpukat dapat menjadi salah satu bahan alami untuk perawatan rambut kering rontok dan berketombe yang Anda hadapi. Langkah pertama, siapkan 1 buah alpukat, lalu ambil dagingnya. Haluskan daging alpukat tersebut menggunakan blender atau dilumatkan dengan garpu. Setelah halus, langsung aplikasikan alpukat tersebut pada rambut Anda, mulai dari akar rambut (jangan mengenai kulit kepala) hingga ujung rambut. Gunakan secukupnya saja, ya. Setelah itu, tunggu hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air saja atau lanjutkan dengan keramas.
                           tips menjaga kesehatan rambut

Mengatasi Rambut Kering dan Rontok Menggunakan Telur

Berbeda dengan kebanyakan resep masker wajah yang hanya menggunakan bagian putih telur saja, kini untuk merawat rambut Anda yang kering, Anda akan menggunakan bagian kuning telurnya juga. Kuning telur memiliki kandungan protein yang selain menutrisi, juga dapat melembabkan rambut dengan lebih maksimal. Caranya, tambahkan 1 sdm air bersih pada 1 butir kuning telur, lalu sebelum diaduk, tambahkan juga putih telur yang sebelumnya sudah dipisahkan dengan kuning telur. Nah, sebelum mengaplikasikan telur ini, basahi dulu rambut Anda sambil diremas-remas. Setelah itu, oleskan telur ini pada rambut Anda menggunakan jari tangan sambil diremas-remas lembut sampai mengeluarkan busa. Lakukan hal ini secara perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit hingga telur habis dioleskan ke rambut. Setelah rata, langsung bilas rambut Anda menggunakan air bersih.

Nah, itulah sejumlah bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk merawat rambut kering dan rontok. Oh iya, Anda pun dapat menggunakan bubuk Amla atau sejenis pohon yang juga ampuh untuk merawat rambut yang kering.