Merawat wajah berjerawat dengan bahan alami atau tradisional memang sangat mudah dan praktis. Jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak dan rentan terhadap jerawat, tidak perlu buru-buru mengunjungi dokter spesialis kulit yang akan memakan banyak biaya. Jerawat juga dapat Anda atasi dengan cara-cara tradisional dan alami, kok. Selain itu, Anda pun tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Berikut ini kami berikan kiat-kiat untuk merawat wajah berjerawat secara tradisional dengan masker wajah.

Merawat Wajah Berjerawat secara Tradisional dengan Bahan Alami

1. Jeruk Nipis
Jeruk nipis atau lemon memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit wajah Anda. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk nipis dapat memberikan nutrisi bagi kulit wajah Anda, sehingga dapat merangsang proses penggantian sel kulit wajah Anda. Selain itu, asam dan zat astringent aktif pada jeruk nipis dapat menyerap minyak berlebih pada kulit wajah Anda, sehingga wajah akan terasa lebih fresh dan segar setelah menggunakan masker wajah. Untuk masker wajah menggunakan jeruk nipis, cukup oleskan air perasan jeruk nipis pada kulit wajah Anda dengan kapas lembut setiap hendak tidur. Diamkan saja beberapa menit sebelum dibilas dan pergi tidur.

Merawat Wajah Berjerawat secara Tradisional dengan Bahan Alami

2. Madu
Berikutnya, ada madu sebagai bahan alami yang ampuh untuk mengusir jerawat pada wajah Anda. Madu memiliki kandungan yang sangat baik sebagai nutrisi untuk kulit. Madu dapat membantu Anda untuk meregenerasi sel kulit wajah Anda dengan yang baru, sehingga jerawat pun dapat diobati dengan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Nah, untuk menggunakan masker wajah dari madu pun caranya sangat praktis dan sama dengan jeruk nipis tadi. Cukup oleskan madu dengan menggunakan kapas atau cotton bud pada bagian yang berjerawat, dan tunggu hingga beberapa menit sekitar 15 menit. Setelah itu, bilaslah bagian yang berjerawat tadi hingga bersih.
3. Mentimun
Mentimun adalah bahan alami ketiga untuk cara merawat wajah berjerawat secara tradisional. Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat melembabkan kulit wajah Anda. Selain itu, mentimun pun memiliki kandungan yang bagus untuk menutrisi kulit wajah Anda. Mentimun juga dapat memberikan efek segar pada kulit wajah Anda, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai toner atau penyegar. Untuk masker wajah dengan mentimun, caranya cukup haluskan 1 buah mentimun, lalu oleskan pada seluruh permukaan wajah Anda. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas.
4. Kunyit
Ternyata bahan alami berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah salah satu bumbu dapur, kunyit. Kandungan kunyit berupa anti bakteri dapat dengan efektif mengusir bakteri yang tumbuh pada kulit wajah, sehingga jerawat pun dapat diobati perlahan-lahan. Nah, untuk cara merawat wajah berjerawat secara tradisional dengan kunyit, gunakan bubuk kunyit atau kunyit yang dihaluskan lalu dikeringkan, kemudian campur dengan air perasan jeruk nipis, dan aplikasikan pada bagian jerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin. 
5. Minyak Zaitun
Bahan alami terakhir yang ampuh untuk mengusir jerawat adalah minyak zaitun. Bahan alami yang menjadi favorit di dunia kecantikan ini memang memiliki khasiat yang baik untuk kulit wajah. Salah satunya adalah dapat melembabkan kulit wajah, dan membantu proses regenerasi sel kulit. Nah, khasiat tersebut sangat cocok untuk permasalahan jerawat yang Anda hadapi. Caranya pun sangat praktis, cukup oleskan saja minyak zaitun secukupnya pada bagian yang berjerawat, biarkan hingga mengering dengan dibilas atau tanpa dibilas.
baca juga : cara merawat wajah agar sehat dan cantik
Nah, itulah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai cara merawat wajah berjerawat secara tradisional yang ampuh. Semua bahannya mudah ditemukan dan murah, bukan?