Sebagai mahkota, kesehatan rambut haruslah tetap terjaga dan hal ini tidak kalah pentingya dengan menjaga kesehatan wajah yang utama. Dengan rambut yang sehat, kegiatan menata rambut pun akan semakin mudah. Jadi rambut akan tampil indah dan sempurna. Cara menjaga kesehatan rambut yang benar sangat penting. Sebab masih banyak orang yang kurang peduli dengan kesehatan rambutnya. Setelah rambut mengalami kerusakan, barulah mereka sadar akan pentingnya merawat kesehatan rambut.
Rambut yang sehat akan terhindar dari berbagai masalah rambut seperti kerontokan, rambut bercabang, dan masalah ketombe. Pada dasarnya, merawat kulit kepala dan rambut tak sulit. Tak harus mengeluarkan biaya mahal untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa tips rutin yang harus dilakukan agar rambut selalu sehat.
cara menjaga kesehatan rambut secara alami dan mudah
cara menjaga kesehatan rambut

Cara menjaga kesehatan rambut secara alami dan mudah


Rutin berkeramas
Keramas adalah hal dasar yang harus dilakukan dengan teratur dalam menjaga rambut agar tetap sehat. Keramas menggunakan shampo akan menghilangkan kotoran yang menempel pada rambut maupun kulit kepala. Keramas setidaknya dilakukan 2 hingga 3 hari sekali agar rambut tetap bersih. Pilihlah shampo yang sesuai kebutuhan dan pas dengan kondisi rambut Anda.

Creambath
Creambath juga penting dilakukan untuk menjaga rambut. Dengan melakukan Creambath secara berkala, rambut akan terjaga kesehatannya. Creambath secara teratur akan membuat rambut lebih halus dan mencegah rambut bercabang.

Konsumsi makanan bergizi
Cara menjaga kesehatan rambut juga harus diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi. Nutrisi yang kita makan akan digunakan rambut untuk tumbuh dan menjaga kekuatan rambut. Anda harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti ikan, ayam, telur, sayur, kacang-kacangan, buah-buahan.

Jauhi stres
Stres dapat merusak kesehatan Anda. Oleh karena itu, aturlah pola pikir sebaik mungkin agar terhindar dari stres. Stres dapat membuat rambut rontok dan menyebabkan kebotakan. Lakukan relaksasi secara rutin untuk menurunkan tingkat ketegangan. Dengan begitu Anda akan terhindar dari stres dan tubuh pun tetap sehat.

Rutin menyisir rambut
Menyisir rambut juga memiliki efek yang baik bagi kesehatan rambut. Dengan menyisir rambut makan akan merangsang kulit kepala agar aliran darah kembali lancar. Untuk pemilihan sisir, sebaiknya gunakan sisir dengan gigi renggang. Sisir bergigi jarang akan mengurangi kerontokan rambut saat menyisir.

Cara menjaga kesehatan rambut memang tidak sulit. Namun masih banyak orang yang mengabaikannya. Setelah rambut mengalami kerusakan, barulah Anda sadar akan pentingnya kesehatan rambut. Maka dari itu mulailah untuk memperhatikan kesehatan rambut anda karena dengan begitu kita telah bersyukur kepada Yang Maha Kuasa.